Skip to main content

Menciptakan Keberuntungan dengan Magnet dan Energi Positif

Jika saya bertanya kepada Anda, Presiden di Dunia selain Presiden kita, siapa yang mudah Anda kenal? Atau, jika saya meminta Anda menyebutkan nama Gubernur di Indonesia, siapa yang mudah Anda kenal?

Mungkin jawaban Anda cukup beragam, tapi pasti sebagian besar akan mengenal dengan mudah dengan OBAMA, presiden Amerika. Mengapa kita begitu mudah mengenal beliau, karena termasuk orang yg fenomenal, kulit hitam pertama yang menjadi Presiden Amerika dan masih muda lagi, pernah tinggal di Indonesia pada masakecilnya. Tapi ada kunci berupa magnet yang Obama miliki yaitu energi/magnet penarik yaitu berupa karakter/kepribadian yang menarik semua orang. Bicara lantang, semangat, positif, gaya bicara dan retorika mantap, dan lainnya.

Kita juga akan mudah mengenal orang , disamping dari penampilan fisik namun yang paling penting adalah dari karakter kepribadiannya. Kita mengenal orang dengan karakter positif : bijaksana, atau jujur, orang ulet, orang tangguh, pantang menyerah, orang dermawan, mudah senyum, mudah bergaul, sopan, dll, serta kita juga mengenal orang dengan karakter negatif pemarah, pendendam, gak mau kalah, suka mnyakiti, suka berdepat, suka menyndir, kurang bisa berteman, dll.

Sebelum lebih jauh kita menciptakan Pribadi Yang Beruntung. Saya ingin menjelaskan terkait KEBENTUNGAN. Dalam dunia bisnis hampir tidak ada pemahaman keberuntungan yang murni. Keberuntungan sebenarnya adalah hasil dari kerja giat dan perencanaan yang matang yang merupakan gabungan antara kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan non fisik berupa pikiran, emosi, intelegensi, mental adalah yang mendominasi munculnya (seolah-olah) ada keberuntungan. Apa yang kita peroleh adalah sebagai buah dari totalitas aktivitas fisik dan non-fisik kita. Dalam kesempatan mungkin sebagian orang banyak yang menganggap keberhasilan sesuatu adalah sebuah keberuntungan. Tidak masalah, yang penting bagi si pelaku, bahwa pencapaian sukses adalah tidak tiba-tiba jatuh dari langit tanpa sebab akibat.

Biarkan orang lain menilai, Anda, atau kita beruntung. Padahal kita harus merencanakan dan menciptakan keberhasilan tersebut. Karena kegigitan totalitas fisik dan ketajaman berfikir dan mental kita yang sebenarnya telah ditanam, dilatih, dan dipelihara agar tetap tajam dan subur sehingga menghasilkan buah keberhasilan, atau orang lain melihatnya sebuah keberuntungan. Bahkan, buah yang layu sebelum matang alias gagal, merupakan hasil dari kegigihan kita dalam mempertahankan kemalasan, dan membiarkan mental dan pikiran kita tumpul dan lemah.

Mungkin masih ingat, seorang David Beckham yang memiliki ketajaman membobol gawang lawan dengan tendangan pisangnya. Sebagian kita menilai saat tendangannya masuk, itu sebuah keberuntungan. Namun, jika kita caritahu, ternyata mampu menendang jarak jauh dan masuk ke ujung gawang tanpa terjangkau kiper, adalah merupakan buah dari kegigihan dalam latihan menendang yang dia lakukan ribuan kali, dengan sasaran lobang ban mobil. Itu sebuah ketajaman totalitas dari fisik dan mental, pikiran, dan emosi yang menjadi energi kuat. Pasti dia memiliki tujuan BESAR agar dia menjadi ahli dalam tendangan jarak jauh dan masuk gawang. Dia banyak berlatih, dari ribuan tendangan per hari, di amengalami kegagalan mungkin ribuan juga.

Prinsip kegigihandan ketajaman totalitas diri (fisik) dan kepribadian (pikiran, mental, emosi) inilah yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan ini, dengan tujuan kita memiliki banyak “keberuntungan” dalam hidup ini, jika dipandang oleh orang lain.

Jika kita bisa mengenali dan mengingat orang lain melalui karakter dan kepribadiannya, maka yang harus pertanyakan saat ini kepada diri sendiri adalah : Orang lain mengenal SAYA seperti apa? Saya yakin, Anda, atau siapapun tidak ingin dikenal orang lain sebagai pemarah, pendendam, pendiam, pemalas, dan hal-hal negatif lainnya. Saya yakin, kita semua ingin dikenal orang lain karena karya terbaik dengan karakter positif. Tentu hal ini tidak mudah, namun jika kita ingin memiliki magnet (daya tarik) atau energi positif maka harus dimulai dari saat ini MENGUBAH KEPRIBADIAN. Tujuannya agar kita banyak memiliki “keberuntungan” yang sebenarnya buah dari kegigihan dan ketajaman fisik dan pikiran/mental/emosi positif kita.

Berikut adalah langkah-langkah agar kita memiliki daya pikat (magnet) yang berenergi positif sehingga menciptakan berbagai “keberuntngan” (hasil positif) dalam hidup :

1. Mengubah mindset ke arah kutub positif. Berikut langkap dan dorongan agar mau mengubah mindset:

a. Kenali diri secara utuh.

b. Sadari kepribadian dan penampilan yang negatif, lalu lakukan perubahan secara bertahap dari mulai cara bicara, cara berpakaian, cara berteman, dll.

c. Lakukan metode menghilangkan file-file negatif dalam pikiran seperti yang telah diajarkan pada materi sebelumnya.

d. Program ulang ini memori otak anda yg negatif dengan hal-hal positif, caranya lakukan kebiasan-kebiasaan baru yang positif termasuk cara berfikir. Lakukan secar aberulang setiap hari. Berhentilah membaca, menonton berita, dan acara-acara tv yang tidak bermanfaat bahkan merugikan mental dan emosi. Lakukan perubahan drastis, misal mematikan TV selama 1 bulan pertama, lalu tambahkan pada bulan-bulan berikutnya. Bacalah berita secara wajar melalui media cetak, atau radio secukupnya.

e. Pikirkan, bahwa istri/suami, anak dan saudara menanti dan mengharapkan pertlongan Anda.

2. Berlatih setiap hari untuk membuat perencanaan tujuan dan target. Tujuan dan target harus jelas kapan ingin dicapainya dan besarannya. Tuliskan dan pikirkan tujuan-tujuan tersebut. Afirmasikan setelah beribadah dan meminta ridho TUHAN YME. Akan lebih baik hasilnya, jika selalu dilatih dengan memvisualisaikan tujuan anda telah tercapai. Lakukan ini sekurangnya sekali/hari menjelang tidur. Dan akan lebih baik jika dilakukan juga setelah beribadah. (metode ini telah diajarkan dalam materi sebelumnya)

3. Lakukan kegiatan berisiko (bahkan hal-hal nekad positif) jika Anda termasuk orang-orang yang telah lama monoton atau berada di zona nyaman yang tetap selama berpuluh tahun. Misalnya pindah kerja, pindah daerah (hijrah), cuti tahunan, ganti usaha, ganti tim.

4. Bergaulah dengan orang-orang yg dipandang tokoh, sukses, dan berpengaruh.

5. Carilah inspirasi sebanyak-banyaknya dengan cara sering berkunjung ke lokasi-lokasi yang banyak aktivitas manusia dan yang belum pernah dikunjungi.

6. Bagi yang telah memiliki usaha atau pekerjaan. Lakukan upaya-upaya agar usaha selalu meningkat atau pendapatan bertambah besar.

7. Perbanyaklah membaca buku-buku inspirasi (tokoh sukses dan berpengaruh), hadiri berbagai pelatihan-pelatihan motivasi dan bisnis.

8. Perbanyak dan berusaha untuk bisa membantu orang lain, terutama dalam keluarga dan tetangga dekat.

9. Bangunlah TIM yang kompak, untuk teman diskusi dalam merencakan hal-hal positif agar menjadi satu pemahaman dan sevisi.

9 (sembilan) langkah tersebut akan membuat diri kita menjadi semakin tajam dalam berfikir, mental dan emosi positif, sehat fisik. Secara bertahap akan terbentuk magnet (daya tarik) pribadi dan energi positif yang akan menarik hal-hal positif dari lingkungan dan alam semesta. Dan pada akhirnya anda akan mengalami seolah berbagai “keberuntungan”. Padahal hakikatnya, merupakn hasil kerja total fisik dan non-fisik, yang berhak menerima hasik berupa berbagai kesuksesan yang ingin dicapai. Nikmat yang sesungguhnya adalah hasil-hasil yang diperoleh dan diberikan oleh TUHAN YME sebagai imbalan/balasan atas kerja-kerja kita. Yakinlah, kita semua memiliki potensi energi untuk sukses. Caranya bangkitkan energi tersebut dengan 9 cara diatas, lalu hasilnya serahkan kepada TUHAN YME.

Dalam ajaran agama kita diajarkan, bahwa TUHAN YME memberikan balasan atas apa yang kita lakukan sekecil apapun. Balasan itu ada yang disegerakan di dunia ada juga yang diakhirkan di akhirat nanti.

Semoga bermanfaat, be a winner!

J. Triharja

Comments

Popular posts from this blog

Air Kendi Lebih Menyehatkan - Air Oksigen Alami

Sekitar 1 bulan lalu, my wilfe tiba2 usulin untuk minum dari air kendi.  Istriku memang sering memberikan inspirasi2 untuk hidup sehat, perhatian penuh atas pendidikan anak2, dll. Nah kali ini ingin disediakan kendi untuk menum sehari-hari di rumah. Dia bercerita saat sekolah SMA dulu di Cimahi Bandung (kotanya Sule), sepulang sekolah jika kecapaian, panas, lelah, dan pusing, sudah biasa suka mampir ke rumah tetangganya (dibelakang rumahnya) , mengetuk pintu dapur seorang nenek yg sdh tua (meninggal diusia 90 thn an) , yg sdh biasa menyediakan air minum dalam kendi. Istri saya langsung sj (karena sdh biasa) ambil gelas dan menuangkan air minum dari kendi.. rasanya dingin segar (bukan dingin kayak air kulkas), dan rebahan sebentar, badan beberapa menit jadi segar, pusing2 hilang... Begitu ceritanya... Air kendi itu katanya diminum setelah disimpan minimal 1 malam. Saya juga teriangat saat dulu waktu masih kecil, di kampung di Sumedang, ada rumah yg menyediakan air minum di k

Apakah Prabowo akan Membalas Jokowi Pada Debat 15 Juni? #bioritmik

Ok... skarang kita akan melihat posisi bioritmik kedua capres yang akan berdebat pada tanggal 15 Juni 2014. Kita lihat grafik bioritmik Prabowo terlebih dahulu, yaitu rata2 berada di posisi positif 29% dengan rincian emosional 63%, fisik 52%, dan intelektual -28%. Posisi intelektual menjadi perhatian capres Prabowo, karena grafik nya sedang menurun dibandingkat saat debat tgl 9 Juni lalu. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena Prabowo musti menyeiapkan diri terutama untuk membumbui jika ada pertanyaan yang diminta lebih detail dan teknis. Persiapan pengayaan materi sangat baik disiapkan dalam beberap hari seblum debat, karena pada 5 hari sebelumnya posisi intektual berada pada posisi kurva positif, namun sedang siklus menurun hingga negatif pada saat debat. Hal ini diperlukan untuk mengimbangi Jokowi yang jago jika bicara hal2 teknis, praktis ,d an detai. Termasuk menyiapkan pengetahuan terkait UU dan peraturan terkait tema debat yaitu bidang ekonimi dan sosial. Posisi e

Usia diatas 45thn? Obat herbal untuk Jantung, Liver, Stroke

Pada usia diatas 45 thn ini memang ibarat onderdil mobil sebagian sdh ada yg rusak2, karatan, longgar2, dll. Dlm tubuh kitapun bisa dibayangkan, 45 thn fisik kita gunakan untuk beraktifitas dari yg ringan hingga yg berat2, begitu juga alat pencernaan digunakan untuk menggiling makanan berpuluh2 tahun. Bisa kita bayangkan, betapa akan kotor, dan tumbuh seprti lumut2, mungkin berupa lemak yg nempel di usus, nempel di pembuluh darah, di lapisan kulit, dll. Belum lagi makanan, minuman, atau menghisap yg mengandung racun2 dan semua masuk ke dlm tubuh kita. Mobil sj buatan manusia, sejak kita beli ada aturan untuk diservice setiap 5000 meter, atau per 3 bulan. Dan mobil kita dlm 5 thn sj sdh berkurang kemampuannya. Bedanya dg tubuh kita yg disiptakan Allah SWT, dimana diperlengkapi dg berbagai kemampuan untuk menetralisir racun, melawan berbagai penyakit yg masuk virus, bakteri, dll, melalui sistem kekebalan tubuh yg luar biasa. Buktinya hingga umur kita 45 thn ini msh fit oleh kita semua