Skip to main content

MULAI dari AKHIR !

Materi Motovasi & Bisnis : Mulai dari Akhir !

Senin, 21 Februari 2011 Radio Sipatahunan 89,4 FM bersama J. Triharja Motivator Rakyat

Quiz Malam ini : Apa contoh yang bisa atau mudah diterapkan dg metode “Mulai dari Akhir” pd diri kita masing2? Jawablah dengan singkat dan jelas, kirim sms ke nomor 08567 44 1084, cantumkan nama.

Yang menjawab dengan benar dan mengirim paling cepat, akan mendapatkan hadiah Kartu Akses Internet UNLIMITED IM2 per bulan hanya 50rb, hadiah disampaikan dari DUNIABROADBAND.

Promo Pelatihan :

Radio Sipatahunan bersama pengusaha & motivator Rakyat Bpk. J. TRIHARJA, akan menghadirkan kembali

Pelatihan Motivasi & Bisnis SPEKTAKULER - GRATIS “BISA LANGSUNG PRAKTIK MEMILIKI USAHA”

Pelatihan Bagi Yang ingin Memiliki Usaha atau mengembangkan Usaha yang telah ada. Syarat dan ketentuan : Anda harus datang berkelompok 5-10 orang. Gratis hanya untuk 10 Kelompok. Caranya mudah, KETIK BBC spasi nama, dan nama-ama kelompok lainnya. Kirim ke 085 717 595 525.

Pelatihan akan dilaksanakan pd hari Sabtu 26 Maret 2011.

Mulai dari Akhir !

Dalam beberapa kali kesempatan diskusi bisnis, saya sering ditanya oleh peserta diskusi, bagaimana cara mempercepat mencapai yang diinginkan atau meraih sukses dengan cepat.

Saya suka menjawab dengan salah satu metode yang terdiri dari dua kata kunci, yaitu MULAI dari AKHIR ! Tentu para pendengar akan bertanya lagi. Apa maksud mulai dari akhir, bukannya kalau mulai harus dari awal?

Benar, apabila kita akan pergi menuju suatu tempat, misalkan Surabaya. Maka kita akan mulai berangkat dari tempat kita tinggal. Namun dalam strategi bisnis, ada satu metode yang saya rangkum, bahwa untuk mencapai tujuan dengan lebih tepat sasaran dan berhasil sesuai yang diinginkan, kita “seolah-olah” harus sudah berada di Surabaya sebelum berangkat.

Metode Mulai dari Akhir atau “Start from the End” ini terinspirasi dari Tokoh Technologi Dirgantara negara kita yaitu Bpk. Habibie. Beliau menerapkan untuk bidang inovasi dan technologi. Saya juga belajar dari para pebisnis /perusahaan China, yang saat ini telah mampu membalikan kondisi negaranya menjadi negara maju di Asia, dan diprediksi akan mengancam negara-negara besar saat ini.

Metode ini pernah diterapkan oleh Bpk. Habibie saat beliau memimpin salah satu industri strategi di Bandung, yaitu Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Saat awal-awal merakit Pesawat Terbang, Bpk. Habibie tidak mulai dari NOL, tapi bermula dari membeli barang jadi sebuah pesawat CN 235. Dari barang jadi itulah, bagian-bagian pesawat seakan-akan di preteli bagian demi bagian, lalu dalam waktu tertentu pesawat tersebut dirakit kembali. Namun khusus bongkar-pasang pesawat ini tidak sesederhana itu, tentunya beliau telah memiliki pengetahuan tentang itu serta dibantu oleh para ahli yang telah disiapkan disekolahkan ke luar negeri, serta adanya dokumen lengkap dari sumbernya.

Yang ingin saya sampaikan, bahwa pesawat terbang yang begitu rumit kompleks, dan persyaratan standar yang sangat tinggi untuk keamanan, seolah-olah dapat dibuat dengan cara ditiru dan bongkar pasang dari barang jadi. Metode “Mulai dari Akhir” ini telah dibuktikan berhasil. Mengapa kita tidak menerapkan memiliki industri, bisnis dengan cara mencotoh atau bongkat-pasang dari barang, sistem yang sudah dibuat negara lain. Mengapa sebagian besar produk yang ada di negera kita ini selalu didatangkan dari negara lain, masih sangat sedikit buatan dalam negeri? 2004 -

Satu lagi contoh yang saya pelajari dari Chinna. Mereka memiliki prinsip wajib membela dan memajukan negaranya dengan segala cara. Semangat dan karakter tersebut telah membuktikan negara Chinna termasuk negara yang bangkit luar biasa, mamapu menyaingi negar-negara maju. Prinsip para pengusaha Chinna sejak tahun 80-an adalah Apa yang dibuat di Amerika harus ada di Chinna. Mereka mulai meniru, sejak dibuatnya komputer mainframe yang ukurannya 2-4 ruangan. Dan apa yang terjadi 20 tahun kemudian, ada perusahaan komputer Chinna yang mampu bersaing, bahkan mengakuisi perusahan komputer kelas satu Dunia. Dan produknya sejak tahun 2004 sudah banyak di Indonesia. Dan para pengusaha Chinna terus menerus melakukan strategi “Mulai dari Akhir” cara untuk merebut pasar.

Kembali pada awal materi, dalam pengertian lebih sederhana, metode MULAI dari AKHIR dapat dimaknai, bahwa jika kita menginginkan mencapai suatu tujuan atau target, maka saat akan memulai Anda harus dapat menghadirkan target tersebut telah tercapai, caranya buat seolah-olah usaha tersebut telah berhasil dengan sukses. Artinya, setelah didapat gambaran utuh apa yang anda inginkan hadir dalam pikiran dan imajinasi, lalu tuangkan dalam proposal rencana bisnis. Lalu tarik mundur, apa saja yang diperlukan dan disiapkan, tarik mundur terus sampai bisa menentukan secara jelas yang diperlukan.

Bagimana menjelaskan menerapkan contoh ketika kit akan pergi ke Surabaya? Dimana kita seolah harus sudah sampai sebelum berangkat?

Dari kedua contoh besar tadi (Bpk. Habibie dan negara Chinna) , terdapat prinsip-prinsip yang dapat kita gunakan ketika ingin mempercepat pencapaian target.

1. Siapkan diri dengan cara belajar dari Akhir. Jangan belajar dari NOL. Anda bisa meniru, modifikasi, maka buatlah produk/jasa yang berbeda.

2. Belajarlah dari orang-orang yang telah mencapai sukses. Melalui pelatihan, menjadi pekerja, dll.

3. Untuk memproduksi suatu barang yang mudah dijual, carilah barang yang laku dipasaran, beli barang jadi, lakukan bongkar-pasang, buat modifikasi. Maka dengan cara ini anda bisa menghilangkan biaya penelitian, riset, dan survey.

4. Mulai dari akhir mengandung arti, kita diharuskan untuk menyiapkan segalanya dari awal, termasuk model target yang akan dicapai dihadirkan saat ini. Contoh lainny adalah : Ketika usia kita saat ini 30 atau 40 tahun, atau lebih, apa yang diinginkan pada usia pensiun? Apakah sdh terpikirkan saat usia 55 thn, saya ingin ada uang 1 Miliyar di tabungan?

5. Jangan terlalu fokus pada target, melupakan/menampikan proses. Tetap perlu keseimbangan, antara perencanaan, menjalankan proses, dan optimistis dengan keyakinan kuat pada pencapaian target.

6. Mulailah dari bagian akhir yang ingin anda capai, sehingga tergetnya jelas di awal. Jangan asal jalan, karena bisa-bisa salah jalan.

7. Mulai dari Akhir mengandung arti juga, kita harus bisa memprediksi masa depan. Bebrapa tokoh visionary (pemikiran masa depan), kita harus dapat merencanakan bahkan membuat secara detail prediksi yang akan terjadi 10, 20, 50 tahun ke depan dengan mempertmbangkan yang terjadi hari ini.

Para pendengaar Radio Sipatahunan, cobalah metode ini untuk mempercepat pencapaian tujuan anda. Saya sudah memberikan cara keluar dari Zona nyaman, Harus kreatif, Lakukan hal beresiko. Maka untuk praktik langsung, hadirlah pada pelatihan yang akan dilaksanakan pd bulan Maret/April 2011.

Promo Pelatihan :

Radio Sipatahunan bersama pengusaha & motivator Rakyat Bpk. J. TRIHARJA, akan menghadirkan kembali

Pelatihan Motivasi & Bisnis SPEKTAKULER - GRATIS “BISA LANGSUNG PRAKTIK MEMILIKI USAHA”

Pelatihan Bagi Yang ingin Memiliki Usaha atau mengembangkan Usaha yang telah ada. Syarat dan ketentuan : Anda harus datang berkelompok 5-10 orang. Gratis hanya untuk 10 Kelompok. Caranya mudah, KETIK BBC spasi nama, dan nama-ama kelompok lainnya. Kirim ke 085 717 595 525.

Pelatihan akan dilaksanakan pd hari Sabtu 26 Maret 2011.

Comments

Popular posts from this blog

Air Kendi Lebih Menyehatkan - Air Oksigen Alami

Sekitar 1 bulan lalu, my wilfe tiba2 usulin untuk minum dari air kendi.  Istriku memang sering memberikan inspirasi2 untuk hidup sehat, perhatian penuh atas pendidikan anak2, dll. Nah kali ini ingin disediakan kendi untuk menum sehari-hari di rumah. Dia bercerita saat sekolah SMA dulu di Cimahi Bandung (kotanya Sule), sepulang sekolah jika kecapaian, panas, lelah, dan pusing, sudah biasa suka mampir ke rumah tetangganya (dibelakang rumahnya) , mengetuk pintu dapur seorang nenek yg sdh tua (meninggal diusia 90 thn an) , yg sdh biasa menyediakan air minum dalam kendi. Istri saya langsung sj (karena sdh biasa) ambil gelas dan menuangkan air minum dari kendi.. rasanya dingin segar (bukan dingin kayak air kulkas), dan rebahan sebentar, badan beberapa menit jadi segar, pusing2 hilang... Begitu ceritanya... Air kendi itu katanya diminum setelah disimpan minimal 1 malam. Saya juga teriangat saat dulu waktu masih kecil, di kampung di Sumedang, ada rumah yg menyediakan air minum di k

Apakah Prabowo akan Membalas Jokowi Pada Debat 15 Juni? #bioritmik

Ok... skarang kita akan melihat posisi bioritmik kedua capres yang akan berdebat pada tanggal 15 Juni 2014. Kita lihat grafik bioritmik Prabowo terlebih dahulu, yaitu rata2 berada di posisi positif 29% dengan rincian emosional 63%, fisik 52%, dan intelektual -28%. Posisi intelektual menjadi perhatian capres Prabowo, karena grafik nya sedang menurun dibandingkat saat debat tgl 9 Juni lalu. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena Prabowo musti menyeiapkan diri terutama untuk membumbui jika ada pertanyaan yang diminta lebih detail dan teknis. Persiapan pengayaan materi sangat baik disiapkan dalam beberap hari seblum debat, karena pada 5 hari sebelumnya posisi intektual berada pada posisi kurva positif, namun sedang siklus menurun hingga negatif pada saat debat. Hal ini diperlukan untuk mengimbangi Jokowi yang jago jika bicara hal2 teknis, praktis ,d an detai. Termasuk menyiapkan pengetahuan terkait UU dan peraturan terkait tema debat yaitu bidang ekonimi dan sosial. Posisi e

Usia diatas 45thn? Obat herbal untuk Jantung, Liver, Stroke

Pada usia diatas 45 thn ini memang ibarat onderdil mobil sebagian sdh ada yg rusak2, karatan, longgar2, dll. Dlm tubuh kitapun bisa dibayangkan, 45 thn fisik kita gunakan untuk beraktifitas dari yg ringan hingga yg berat2, begitu juga alat pencernaan digunakan untuk menggiling makanan berpuluh2 tahun. Bisa kita bayangkan, betapa akan kotor, dan tumbuh seprti lumut2, mungkin berupa lemak yg nempel di usus, nempel di pembuluh darah, di lapisan kulit, dll. Belum lagi makanan, minuman, atau menghisap yg mengandung racun2 dan semua masuk ke dlm tubuh kita. Mobil sj buatan manusia, sejak kita beli ada aturan untuk diservice setiap 5000 meter, atau per 3 bulan. Dan mobil kita dlm 5 thn sj sdh berkurang kemampuannya. Bedanya dg tubuh kita yg disiptakan Allah SWT, dimana diperlengkapi dg berbagai kemampuan untuk menetralisir racun, melawan berbagai penyakit yg masuk virus, bakteri, dll, melalui sistem kekebalan tubuh yg luar biasa. Buktinya hingga umur kita 45 thn ini msh fit oleh kita semua