Skip to main content

Otak Kanan Sebagai Penggerak untuk Meraih Rezeki Berlimpah


Otak Kanan Sebagai Penggerak untuk Meraih Rezeki Berlimpah

Materi Motivasi & Bisnis Radio Sipatahunan 89,4 FM , Senin 14 Maret 2011 jam 8-10 malam bersama J. Triharja
(Ikuti kuis berhadiah kartu akses internet IM2 UNLIMITED 50rb/bln)

Ini ada pertanyaan intermezo : Anda termasuk orang kanan atau orang kiri ? ( ini maksudnya bukan aliran kanan atau kiri, tapi berhubungan dengan otak kanan atau otak kiri). Jadi jika dalam materi ini saya sering mengatakan orang kiri maksudnya orang yang pengaruhnya didominasi oleh peran otak kiri.

Dalam sebuah diskusi saya bertanya : Mana yang lebih dominan dalam hidup Anda fungsi otak kanan atau otak kiri? Sebagian besar tidak bisa menjawab dengan jelas, namun itu wajar, karena mungkin pengetahuan tentang otak kanan dan otak kiri baru mencuat di tahun 90 an. Saya saja termasuk orang tua yang baru mempelajari dalam beberapa tahun terakhir. Kesimpulan saya, bahwa sebagian besar kehidupan diantara kita lebih dipengaruhi cara berfikir otak kiri. Karena inilah hasil dari sistem pendidikan kita selama ini. Sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi kita lebih banyak belajar tentang ilmu pasti dan logika.

Orang tua kita dulu begitu mengelu-ngelukan saat kita bersekolah jika berprestasi jura 1, juara 2, atau setidaknya juara 3. Bahkan kita lebih mengejar agar nilai matematika, fisika, kimia nilainya diatas 80, bahkan harus 100. Kita kurang perhatian terhadap kemampuan anak-anak dalam memahami bacaan, memahami peristiwa sosial/lingkungan, hubungan sosial, dll. Sistem inilah yang membuat cara berfikir kita lebih didominasi oleh karakter otak kiri, yang pada akhirnya menghasilkan cara hidup kita yang cenderung menjadi “orang kiri” (maksudnya lebih memanfaatkan otak kiri).

Mungkin anda bisa menyebutkan contoh-contoh kehidupan yang cenderung “orang kiri”.

Seperti sering saya sampaikan Otak Kiri berkaitan dengan otak sadar (conscious), hal-hal logis, fokus, realistis, yang pasti-pasti, dan yg terencana bukan spontanitas, serta lebih berpusat kepada diri sendiri. Oleh karena itu orang yg pintar (akademis) sering dikesankan lebih suka menyendiri, ego-diri nya lebih besar. Orang pintar secara alami tidak membutuhkan orang lain, karena merasa sudah memiliki banyak kelebihan (tapi hanya peran otak kiri sebenarnya, ini yang keliru). Sedangkan Otak Kanan berkaitan dengan otak bawah sadar (sub-conscious), berhubungan dengan hal-hal yang tidak pasti, imaginasi, intuisi, spontanitas sehingga kurang terencana, serta lebih berpusat kepada orang lain dan lingkungan. Biasanya orang kiri kanan lebih banyak teman, suka memperhatikan orang lain dan lingkungan (ini sifat-sifat secara umum).

Lalu apa hubunganya antara otak dengan kekayaan atau rezeki?

Baik lah, setelah sedikit mengetahui seluk beluk tentang peran dan karakter otak kiri dan kanan. Maka mari kita cari hubungannya dengan kekayaan atau kesuksesan. Sebelumnya saya ada pertanyaan yang harus dijawab kita semua. (Jawabnya sendiri-sendiri saja).

Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan sbb :

1. Apakah masa depan termasuk hal yang sudah pasti atau belum pasti?

2. Apakah kesuksesan/kekayaan di masa depan sudah pasti atau belum?

3. Apakah takdir atau nasib kita di masa depan sudah diberitahu Allah atau belum?

Ini pertanyaan logis bagi kita yang memang “orang kiri”. Silahkan anda jawab dulu, ... saya yakin jawabannya akan relatif sama, yaitu masa depan, kesuksesan/kekayaan adalah termasuk yang tidak pasti atau belum pasti. Begitu juga terkait takdir dan nasib kita, hingga saat ini masing-masing pasti tidak tahu nanti akan seperti apa dan akan dimana, dan akan bagaimana?

Atau apa jawabannya dari pertanyaan yang terbalik berikut ini :

1. Apa yang Anda lakukan, jika tahu 5 tahun lagi anda pasti dapat uang 10 Milliar?

2. Apa yang Anda lakukan, jika tahu dengan pasti bahwa 5 tahun lagi bakalan jadi orang sukses?

3. Apa yang anda lakukan jika anda sudah tahu takdir atau nasib saat usia tua nanti?

Mungkin jawabannya akan beragam, tapi jika itu benar-benar terjadi, maka jawabannya akan relatif sama, ya mungkin selama ini akan santai-santai saja .. gak usah bekerja, karena nanti toh pasti punya uang 10 Milliar, atau nanti sukses. Atau mungkin ada juga yang menjawab ala Otak Kiri (ah itu pertanyaan gak logis, gak mungkin).

Seandainya masa depan sudah bisa diketahui akan sukses atau akan gagal, maka hidup kita hari ini tidak ada artinya. Kita tidak perlu lagi yang namanya berusaha/ikhtiar, kita sudah tidak bisa lagi berharap.

Nah, TAPI beruntung , kita hidup dalam dunia ketidak pastian. Ini artinya sebuah rahmat dari Allah SWT. Kita tidak tahu kapan akan meninggal dunia, kita tidak tahu akan jadi apa pada usia 25, 30, 40, 50, 60, atau 70. Yang ingin saya sampaikan, dengan kondisi hidup seperti ini kita berhak, bahkan ada yang bilang wajib berusaha dan berharap/berdo’a.

Nah, karena masa depan, kesuksesan, kekayaan, termasuk hal-hal yang tidak pasti atau belum pasti, maka itu termasuk dominasi wilayah kerja otak kanan. Artinya untuk mengejar masa depan yang sukses, untuk meraih kekayaan yang berlimpah, untuk mencapai kebahagian dunia bahkan di akhirat nanti itu peran besar otak kanan.

Sebenarnya, kita sejak kecil juga telah diberikan pelajaran terkait otak kanan ini, yaitu bagaimana kita bisa meyakini adanya hari telah mati, akhirat, surga dan neraka. Itu semua masalah keyakinan yang difahami melalui otak kanan, hanya pada masa lalu biasanya bersifat dokrin.

Terkait dengan masalah agama sekalipun, masih banyak manusia yang mengandalkan logika, atau otak kiri, maka tidak heran masih ada kelompok manusia atheis. Itu artinya otak kanannya tidak digunakan untuk urusan yang gaib-gaib atau masa depan.

Nah, bagaimana sudah faham, bahwa urusan masa depan, sukses, kekayaan, itu adalah harus menggunakan anugrah yang luar biasa ini yaitu Otak Kanan.

Saya ulangi kembali relevansinya, masa depan dan kesuksesan itu merupakan kondisi yang belum pasti, maka kita yakini bahwa itu merupakan rahmat dari Allah SWT yang harus kita syukuri. Oleh karena belum pasti, maka kita harus berusaha dan berharap untuk meraihnya, dan alat yang digunakan untuk meraih masa depan itu adalah merupakan dominan otak kanan (walaupun tetap otak kiri harus kita gunakan sesuai proporsinya, misalnya untuk hitung-hitungan dan perencanaan).

Saya akan memberikan sebuah proyek kepada Anda, atau kita semua (ini latihan). Otak kiri atau otak kanan agar bisa berkerja dengan baik harus kita latih dan diberi informasi berguna sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin. Karen akerja memori otak itu, semakin sering kita memberikan informasi, maka akan semakin kuat menyimpannnya, dan secara otomatis akan memancarkan energi kepada fisik kita dan kepada lingkungan (alam semesta). Semakin kuat kita memebrikan penekanan kepada infromasi terbut, maka semakin kuat energinya untuk memancar keluar. Semakin kuat tekad dan keyakinan kita, semakin kuat menanmkan informasi pada otak kita, maka semakin tahan fisik kita untuk bekerja/berikhtiar. Bis ajadi kit asanggup melakukan puasa setia senin kamis, sholat dhuha dan tahajud tidak tertinggal, dll. Itu lah cerminan, keyakinan yang kuat, yang merupakan perpaduan pikiran, hati, mental untuk meraih kesuksesan.

Hal yang paling penting bagi sahabat sekalian yang saat ini merasa rezeki terasa seret, atau merasa terjerat posisi yang stagnan/monoton dari dahulu begini-begini terus bahkan sudah turun temurun, apalagi jika kehidupannya berkekurangan terus menerus, YAITU segera mengubah cara berfikir dan keyakinan. Bahwa Allah tidak pernah menyebabkan umatnya miskin, bahkan sebaliknya Allah telah memberikan berbagai sumber kekayaan dan berbagai fasilitas untuk hidup kaya raya dan hidup bahagia.

Okey, begitu besarnya peran otak kanan kita untuk meraih masa depan yang gemilang, maka mulai saat ini latihlah otak kanan tersebut untuk meraih masa depan. Ingat otak kanan cocoknya melakukan aksi (action) bukan duduk termenung memikirkannya dan sebatas menganalisanya (itu kerja otak kiri). Caranya pada akhir paparan materi ini saya ingin mengajak kita membuat proyek bersama (masing-masing), tanpa modal tapi jika berhasil Anda akan meraih rezeki berlimpah atau apa-apa yang anda inginkan.

Ikutilah paparan materi selengkapnya di Radio Sipatahunan Bogor 89,4 FM, Senin malam atau dapat disimak melalui internet di BOGOR.NET mulai jam 8-10 malam, bersama Motivator Rakyat dan Pebisnis Bpk. J. Triharja. Ikuti juga proyek bersama tanpa modal pada akhir acara tersebut, menggunakan Otak Kanan untuk menarik rezeki berlimpah dan menemukan kunci pintu rezeki.

Info pelatihan bulan Maret : Hari Sabtu Tgl. 19 Maret 2011 jam 10.00-15.00 di Masjid sekitar IPB Dermaga. Membangun Bisnis Berbasis Masjid (BBM).

Semoga bermanfaat.

J. Triharja (921MORE)

Comments

Popular posts from this blog

Air Kendi Lebih Menyehatkan - Air Oksigen Alami

Sekitar 1 bulan lalu, my wilfe tiba2 usulin untuk minum dari air kendi.  Istriku memang sering memberikan inspirasi2 untuk hidup sehat, perhatian penuh atas pendidikan anak2, dll. Nah kali ini ingin disediakan kendi untuk menum sehari-hari di rumah. Dia bercerita saat sekolah SMA dulu di Cimahi Bandung (kotanya Sule), sepulang sekolah jika kecapaian, panas, lelah, dan pusing, sudah biasa suka mampir ke rumah tetangganya (dibelakang rumahnya) , mengetuk pintu dapur seorang nenek yg sdh tua (meninggal diusia 90 thn an) , yg sdh biasa menyediakan air minum dalam kendi. Istri saya langsung sj (karena sdh biasa) ambil gelas dan menuangkan air minum dari kendi.. rasanya dingin segar (bukan dingin kayak air kulkas), dan rebahan sebentar, badan beberapa menit jadi segar, pusing2 hilang... Begitu ceritanya... Air kendi itu katanya diminum setelah disimpan minimal 1 malam. Saya juga teriangat saat dulu waktu masih kecil, di kampung di Sumedang, ada rumah yg menyediakan air minum di k

Apakah Prabowo akan Membalas Jokowi Pada Debat 15 Juni? #bioritmik

Ok... skarang kita akan melihat posisi bioritmik kedua capres yang akan berdebat pada tanggal 15 Juni 2014. Kita lihat grafik bioritmik Prabowo terlebih dahulu, yaitu rata2 berada di posisi positif 29% dengan rincian emosional 63%, fisik 52%, dan intelektual -28%. Posisi intelektual menjadi perhatian capres Prabowo, karena grafik nya sedang menurun dibandingkat saat debat tgl 9 Juni lalu. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena Prabowo musti menyeiapkan diri terutama untuk membumbui jika ada pertanyaan yang diminta lebih detail dan teknis. Persiapan pengayaan materi sangat baik disiapkan dalam beberap hari seblum debat, karena pada 5 hari sebelumnya posisi intektual berada pada posisi kurva positif, namun sedang siklus menurun hingga negatif pada saat debat. Hal ini diperlukan untuk mengimbangi Jokowi yang jago jika bicara hal2 teknis, praktis ,d an detai. Termasuk menyiapkan pengetahuan terkait UU dan peraturan terkait tema debat yaitu bidang ekonimi dan sosial. Posisi e

Usia diatas 45thn? Obat herbal untuk Jantung, Liver, Stroke

Pada usia diatas 45 thn ini memang ibarat onderdil mobil sebagian sdh ada yg rusak2, karatan, longgar2, dll. Dlm tubuh kitapun bisa dibayangkan, 45 thn fisik kita gunakan untuk beraktifitas dari yg ringan hingga yg berat2, begitu juga alat pencernaan digunakan untuk menggiling makanan berpuluh2 tahun. Bisa kita bayangkan, betapa akan kotor, dan tumbuh seprti lumut2, mungkin berupa lemak yg nempel di usus, nempel di pembuluh darah, di lapisan kulit, dll. Belum lagi makanan, minuman, atau menghisap yg mengandung racun2 dan semua masuk ke dlm tubuh kita. Mobil sj buatan manusia, sejak kita beli ada aturan untuk diservice setiap 5000 meter, atau per 3 bulan. Dan mobil kita dlm 5 thn sj sdh berkurang kemampuannya. Bedanya dg tubuh kita yg disiptakan Allah SWT, dimana diperlengkapi dg berbagai kemampuan untuk menetralisir racun, melawan berbagai penyakit yg masuk virus, bakteri, dll, melalui sistem kekebalan tubuh yg luar biasa. Buktinya hingga umur kita 45 thn ini msh fit oleh kita semua