Skip to main content

Gali Bakat Cerdas dan Kaya

Materi malam ini lebih cocok untuk anak-anak, para pelajar, dan mahasiswa. Namun bagi orang tua juga cocok, karena dapat diterapkan untuk putra putrinya. Yaitu malam ini saya akan menyampaikan materi tentang menggali Bakat dan mengarahkan Minat. Bakat dan minat secara umum diarahkan untuk tujuan kecerdasan dan pencapaian hidup sukses dunia dan akhirat.

Kita tentunya sepakat, bahwa untuk mendapatkan dunia harus dimiliki ilmunya. Begitu juga untuk meraih bahagia di akhirat harus dengan ilmunya juga. Hanya yg saya fahami, jika menginginkan keduannya harus dimiliki kedua ilmunya. Walaupun saya meyakini, jik akita mengejar ilmu akhirat dunia mestinya terbawa. Mengapa? Selain ibadah mghdoh, ada lagi kewajiban dan medan manusia untuk beramal yaitu zakat, infaq, membantu fakir miskin, menolong orang lain, nah itu pasti membutuhkan penguasaan kekayaan duniawi. Saran tegas saya, kita harus berusaha untuk mendapatkan kebahagian akhirat dan dunia. Jangn juga salah langkah, karena mengejar akhirat, hidup dunia sengsara. Lebih baik meniru orang lain atau zaman terdahulu, hidup didunia bahagia, ilmu dan amal untuk akhiratpun dikejar semaksimal mungkin.

Baiklah, kita masuk ke masalah Bakat untuk Cerdas dan kaya.

Apakah Anda sudah menemukan bakat Anda? Bagaimana saat sekolah dan kuliah dahulu? Bagaimana saat sejak selesai sekolah/kuliah sampai saat ini, mungkin ada yg berusia antar 24-40 thn, 40-60 thn? Apakah anda sdh merasa menemukan bakat Anda dan bertemu dengan minat? Sehingga anda sdh memetik hasilnya, hidup cerdas dan kaya?

Saat pelatihan saya pernah membagikan Test Kecerdasan Kekayaan (IQ- Kekayaan), itu adalah salah satu cata/metode untuk mengukur posisi tingkat potensi dan pencapaian untuk meraih kekayaan. Nah pada kesempatan ini saya ingin memperdalam pada pemahaman terkait Bakat dan Minat.

Saya ingin katakan, bagi Anda yg sdh berusia diatas 30 thn, diatas 40 thn, diatas 50 thn, atau yg diatas 60 thn tdk usah khawatir jika belum mencapai hidup kaya diduia, mungkin belum menemukan bakat cerdas dan minat Anda yang pas. Selalu masih ada harapan, asal Anda jangan merencanakan gagal sendiri. Ingat pelajaran yg lalu, kegagalan sebenarnya didorong dan direncanakan (secara tdk sadar) oleh diri sendiri. Yaitu tahu malas itu tdk baik, tahu terlambat itu tdk baik, tahu suka menunda itu tdk baik, TAPI mengapa kita masih suka malas, terlambat, dan menunda. Itulah penyebab kegagalan yg direncanakan sendiri.

Dalam beberapa literatur, disebutkan, Pendiri KFC Kolonel Harland Sanders baru mulai mendirikan franchise KFC pada usia dia 65 thn (thn 1955).

Mari kita buka kisah lain, anda pasti akrab dengan Film Herry Potter yang dibuat dari buku karya JK. Rowling. Film ny ameledak, begitu juga bukunya. J.K. Rowling baru menemukan bahwa dia berbakat secara serius dalam menulis cerita pada usia 30 thn. Namun bakat itu sudah muncul saat dia anak-anak.

Disinilah pentingnya peran orangtua dan guru di sekolah untuk dpt menemukan dan mengembangkan bakat anak didiknya, agar tidak hilang begitu saja saat anak kita menginjak dewasa. Dg cara apa cita2 nya.

Ingin saya katakan, bahwa bakat adalah salah satu sumber kekuatan/potensi untuk mencapai sukses Anda/kita semua. Kadang karena lingkungan yg kurang mendukung saat kita anak-anak bakat tidak muncul dengan jelas, bahkan sebaliknya kita banyak dipengaruhi oleh lingkungan yang mengarahkan bahkan memaksa untuk mengambil jurusan/atau pekerjaan yg sebenarnya belum tentu sesuai dengan bakat.

Nah, bapak ibu sekalian, materi ini saya sampaikan, agar kita bisa membantu putra putri kita menemukan bakatnya dan menyelaraskan dengan minatnya agar bakat tadi dapat tumbuh kuat untuk mendukung kehidupan masa depan untuk meraih sukses.

Terdapat bebrapa cara untuk mendeteksi Bakat :

1. Reaksi spontan atas lingkungan/kondisi tertentu karakter/kepribadian (apa reaksi anda ketika mendengar teriakan kebakaran !, Maling !, saat menghadiri acara/pesta

2. Indikasi kecenderungan saat anak kecil

3. Berapa lama belajar sesuatu

4. Menyenangi puas apa yang dilakukan

Namun demikian, bakat bukan satu-satunya modal untuk meraih sukses, karena dalam mengembangkan bakat (talen) banyak gangguan dari lingkungan. Bakat dikatakan juba merupakan bahan baku yang membutuhkan proses untuk digali dan dikembangkan.

Bakat akan semakin menonjol jika kemampuan manusia untuk mengembangkan diri semakin kuat. Dan manusia memiliki kemampuan yang tidak terbatas selama masih hidup. Dan kemampuan yang luar bias itu adalah dari kemampuan berfikir dari otak manusia. Sayang sekali hingga kita saat ini sebagian besar adalah produk pendidikan dan lingkungan dari otak kiri. Hal ini menjadi tidak seimbang, karena masih ada potensi yang lebih besar yaitu potensi dari otak kanan yang merupakan otak untuk menyimpan dan memproses alam bawah sadar.

Disinilah, kita membtuhkan suatau perubahan dalam metode pendidikan, harus adanya keseimbangan antara metode untuk otak kiri dan otak kanan. Otak kiri untuk logika, berhitung, bahasa, berfikir dg kata2. Otak kanan untuk imajinasi, kreatif, cermin kepribadian/karakter, berfikir dg gambar. Otak kiri fungsi logika, otak kanan fungsi emosional. Bahkan otak kanan memiliki potensi untuk penyembuhan diri dan orang lain.

Pengelompokan Frekwensi otak :

1. Gamma (lebih dari 19 Hz), kondisi otal sdg berfikir berat, konsentrasi tinggi

2. BETA (12-19 Hz), kondisi normal, sadar

3. Alpha (8-12 Hz), saar santai, relaksasi, antara sadar-tdk sadar

4. Theta (4-8 Hz), tidur ringan, saat trance hipnosis, meditasi diam, berdoa, ritual agama khusu

5. Delta (0,5-4 Hz), tidur. (tidur nyenyak mendukung peremajaan sel2).

Otak kita tidak bisa membedakan apa yg kita lihat atau alami ini nyata atau tidak. Ada sebuah penelitian, yang menghasilkan respon fisik yg sama ketika juara pelari diminta hanya membayangkan sdg berlari sungguhan lalu di rekam dengan alat sensor Feedback yg dipasang, ternyata respon fisik, otot sama dg saat dia berlari beneran. Itulah bukti, bahwa otak memerintahkan kepada organ lain saat membayangkan sesuatu.

Pernah mendengar kisah hukuman mati tanpa terasa apa?, yaitu dg sugesti. Ceritanya ada seorang terpidana hukuman mati. Ditawarkan hukumannnya pakai listrik atau ada hukuman yg tdk terasa sakit. Yaitu masuk dlm ruangan, mata ditutup, duduk terikat. Imajinasi bahwa rangan ini ada gas yg mematikan, lalu ditetesi air es. Lalu mati.

Ada juga seorang dosen, meminta mahasiswanya ke depan, dan memejamkan mata, diminta untuk membayangkan dg membelah jeruk nifis, lalu di kenyot sedikit demi sedikit, terus, sampai di peras2 oleh tangannya. Mahasiwa tersebut sampai muntah2, dan meringis, disaksikan oleh mahasiwalainnya dlm kelas.

Itulah luarbiasanya kemampuan otak kita terutama otak kanan. Dikatakan, otak manusia ini ibarat gunung es di lautan. 8% yg selama ini kita gunakan (otak kiri), dan 92 % berada di dalam laut (otak kanan). Ingat kisah kapal titanic itu ditenggelamkan oleh ujung gunung es yg muncul sedikit di permukaan laut.

Hubungannya menggali kemampuan otak dengan bakat adalah ... inilah cara untuk menemukan bakat kita, atau putra putrikita, silahkan berikan kebebasan untuk meng eksplorasi keinginanya melalui kemampuan berfikirnya. Maka suatu saat akan didapatkan kecocokan antara bakat dan minat, dimana terindikasi, akan dirasakan kepuasan dan kesenangan. Nah, terapkan untuk orang dewasa dalam meraih hidup yg sukses.

Hidup ini pebuh kompetisi dimanapun kita berada. Jadilah pemenang, walau dimulai dari kemenangan2 kecil. Naiki tangga sukses satu persatu agar dapat menuju anak tangga sukses lebih tinggi lagi dengan aman dan selamat.


J. Triharja.

Comments

Popular posts from this blog

Air Kendi Lebih Menyehatkan - Air Oksigen Alami

Sekitar 1 bulan lalu, my wilfe tiba2 usulin untuk minum dari air kendi.  Istriku memang sering memberikan inspirasi2 untuk hidup sehat, perhatian penuh atas pendidikan anak2, dll. Nah kali ini ingin disediakan kendi untuk menum sehari-hari di rumah. Dia bercerita saat sekolah SMA dulu di Cimahi Bandung (kotanya Sule), sepulang sekolah jika kecapaian, panas, lelah, dan pusing, sudah biasa suka mampir ke rumah tetangganya (dibelakang rumahnya) , mengetuk pintu dapur seorang nenek yg sdh tua (meninggal diusia 90 thn an) , yg sdh biasa menyediakan air minum dalam kendi. Istri saya langsung sj (karena sdh biasa) ambil gelas dan menuangkan air minum dari kendi.. rasanya dingin segar (bukan dingin kayak air kulkas), dan rebahan sebentar, badan beberapa menit jadi segar, pusing2 hilang... Begitu ceritanya... Air kendi itu katanya diminum setelah disimpan minimal 1 malam. Saya juga teriangat saat dulu waktu masih kecil, di kampung di Sumedang, ada rumah yg menyediakan air minum di k

Apakah Prabowo akan Membalas Jokowi Pada Debat 15 Juni? #bioritmik

Ok... skarang kita akan melihat posisi bioritmik kedua capres yang akan berdebat pada tanggal 15 Juni 2014. Kita lihat grafik bioritmik Prabowo terlebih dahulu, yaitu rata2 berada di posisi positif 29% dengan rincian emosional 63%, fisik 52%, dan intelektual -28%. Posisi intelektual menjadi perhatian capres Prabowo, karena grafik nya sedang menurun dibandingkat saat debat tgl 9 Juni lalu. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena Prabowo musti menyeiapkan diri terutama untuk membumbui jika ada pertanyaan yang diminta lebih detail dan teknis. Persiapan pengayaan materi sangat baik disiapkan dalam beberap hari seblum debat, karena pada 5 hari sebelumnya posisi intektual berada pada posisi kurva positif, namun sedang siklus menurun hingga negatif pada saat debat. Hal ini diperlukan untuk mengimbangi Jokowi yang jago jika bicara hal2 teknis, praktis ,d an detai. Termasuk menyiapkan pengetahuan terkait UU dan peraturan terkait tema debat yaitu bidang ekonimi dan sosial. Posisi e

Usia diatas 45thn? Obat herbal untuk Jantung, Liver, Stroke

Pada usia diatas 45 thn ini memang ibarat onderdil mobil sebagian sdh ada yg rusak2, karatan, longgar2, dll. Dlm tubuh kitapun bisa dibayangkan, 45 thn fisik kita gunakan untuk beraktifitas dari yg ringan hingga yg berat2, begitu juga alat pencernaan digunakan untuk menggiling makanan berpuluh2 tahun. Bisa kita bayangkan, betapa akan kotor, dan tumbuh seprti lumut2, mungkin berupa lemak yg nempel di usus, nempel di pembuluh darah, di lapisan kulit, dll. Belum lagi makanan, minuman, atau menghisap yg mengandung racun2 dan semua masuk ke dlm tubuh kita. Mobil sj buatan manusia, sejak kita beli ada aturan untuk diservice setiap 5000 meter, atau per 3 bulan. Dan mobil kita dlm 5 thn sj sdh berkurang kemampuannya. Bedanya dg tubuh kita yg disiptakan Allah SWT, dimana diperlengkapi dg berbagai kemampuan untuk menetralisir racun, melawan berbagai penyakit yg masuk virus, bakteri, dll, melalui sistem kekebalan tubuh yg luar biasa. Buktinya hingga umur kita 45 thn ini msh fit oleh kita semua