Sudah lama tidak tulas tulis di blog. Nah sekarang coba lagi...
Kebetulan dalam pikiran sdg ada bahan ttg Brand atau Merk... atau Laku? Pilih mana ya?
Saya kadang heran merhatiin, ada perusahaan atau yg usaha begitu tergila-gila pertahankan Brand, sampai2 stelah bertahun2 muncul produk lain yg sejenis jualan di samping kiri kananya, dan mereka kadang lebih laku,lebh banyak pembelinya.
Nah sejak thn 2015 an... beberapa sdh ada yg mulai dengan lebh mengutamakan produk laku dijual, lebih banyak produk yg bisa dijual dengan konsep whitelabel. Usaha yg serti ini sudah gak peduli lagi dg branding. Ketika produk nya disuatu tempat laku keras, maka tidak beguitu lama dia akan buat outlet baru di kiri kanan nya ...dengan merek dagang lain.
Konsep yg rada gila ini blm banyak dilakukan oleh para pengusaha di sekitar kita.
Padahal jika berfikir cerdas, kan yg dikejar usaha apapun adalah keuntungan.
Maka seharusnya mulai sekarang yg usaha apapun, ketika jualannya laku keras apapun produknya...segeralah buat toko sejenis, bedain namanya, sedikit modif produknya..dan itu msh punya anda.
Atau bisa anda tawarkan whitelabel dg syarat mudah, misal pemilik awal minta 25% saham saja. 75% diserahkan ke pihak lain.
Misal, anda punya warung bakso, setiap hari yg makan nguantri. Nah gak usah mikir panjang lebar, segera deh..buat warung2 lainnya disekitar nya pake nama lain. Dijamin jualan bakso anda menjadi berlipat2 keuntungannya.
Jika anda telat, maka gak bakalan lama akan muncul pedagang lain yg akan jadi kompetitor anda, dan sdh pasti uangny amasuk ke orang lain.
Bisnis apapun, cobalah mulai pertimbangkan, tetap pilih brand/merk sendiri ..atau pilih yg penting laku dijual...dg cara tawarkan whitelabel produk anda. Bidang apapun, ritel, IT, jasa2, dll.
Semoga bermanfaat
#crazymarketing
Kebetulan dalam pikiran sdg ada bahan ttg Brand atau Merk... atau Laku? Pilih mana ya?
Saya kadang heran merhatiin, ada perusahaan atau yg usaha begitu tergila-gila pertahankan Brand, sampai2 stelah bertahun2 muncul produk lain yg sejenis jualan di samping kiri kananya, dan mereka kadang lebih laku,lebh banyak pembelinya.
Nah sejak thn 2015 an... beberapa sdh ada yg mulai dengan lebh mengutamakan produk laku dijual, lebih banyak produk yg bisa dijual dengan konsep whitelabel. Usaha yg serti ini sudah gak peduli lagi dg branding. Ketika produk nya disuatu tempat laku keras, maka tidak beguitu lama dia akan buat outlet baru di kiri kanan nya ...dengan merek dagang lain.
Konsep yg rada gila ini blm banyak dilakukan oleh para pengusaha di sekitar kita.
Padahal jika berfikir cerdas, kan yg dikejar usaha apapun adalah keuntungan.
Maka seharusnya mulai sekarang yg usaha apapun, ketika jualannya laku keras apapun produknya...segeralah buat toko sejenis, bedain namanya, sedikit modif produknya..dan itu msh punya anda.
Atau bisa anda tawarkan whitelabel dg syarat mudah, misal pemilik awal minta 25% saham saja. 75% diserahkan ke pihak lain.
Misal, anda punya warung bakso, setiap hari yg makan nguantri. Nah gak usah mikir panjang lebar, segera deh..buat warung2 lainnya disekitar nya pake nama lain. Dijamin jualan bakso anda menjadi berlipat2 keuntungannya.
Jika anda telat, maka gak bakalan lama akan muncul pedagang lain yg akan jadi kompetitor anda, dan sdh pasti uangny amasuk ke orang lain.
Bisnis apapun, cobalah mulai pertimbangkan, tetap pilih brand/merk sendiri ..atau pilih yg penting laku dijual...dg cara tawarkan whitelabel produk anda. Bidang apapun, ritel, IT, jasa2, dll.
Semoga bermanfaat
#crazymarketing
Comments