Skip to main content

KEAJAIBAN HIDUP

Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS [45]: 13)

Manusia diciptakan oleh Allah Maha Pencipta merupakan makhluk bumi yang paling sempurna. Asal penciptaan manusia semua sama, rata-rata 9 bulan dalam kandungan Ibu. Kita dilengkapi fisik yang lengkap dan normal. Dari mulai kepala, badan, alat gerak kaki, tangan, panca indra, dan yang termasuk penting kita sudah difasilitasi organ jantung, paru-paru, serta otak untuk berfikir dan kemampuan memahami tanda-tanda dari yang telah diciptakan Allah. Bumi langit dan segala isinya merupakan tanda-tanda KEBESARAN ALLAH SWT yang sempurna, seperti halnya manusia diciptakan paling sempurna dibandingkan makhluk lain di dunia ini.

Dari kesempurnaan alam semesta kita sering kali menyaksikan berbagai keajaiban terjadi, bahkan sebagian besar kita manusia belum mampu untuk memahaminya, keculi hanya dikembalikan hal tersebut sebagai tanda KEBESARAN Allah SWT. Bumi menjadi stabil karena adanya gunung-gunung yang ditancapkan Allah di lokasi-lokali yang telah ditentukan. Lautan yang luas, air hujan yang diturunkan dari langit, bulan dan bintang-bintang serta benda-benda langit lainnya begitu indah, tenang, dan harmonis. Apa bila kita saksikan dengan seksama, maka alam semesta ini bergerak dan beraksi secara teratur dan harmonis. Kita lihat bagaimana tanaman yang kita tanam tumbuh dengan perlahan tapi pasti hingga besar dan berbuah. Hasil buahnya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Dan masih sangat banyak ciptaan Allah di alam semesta ini yang berjalan dengan harmonis dan tenang, dan begitu banyak keajaiban di dalamnya.

Begitu juga manusia yang telah diciptakan dengan sempurna, seharusnya dapat menghasilkan berbagai keajaiban dalam kehidupan ini. Bahkan dengan fasilitas otak yang mampu berfikir dilengkapi hati untuk memahami dan mengontrol kerja berfikir, maka semestinya kita bisa meraih kebahagian baik di dunia maupun di akhirat nanti. Namun apa yang kit aalami dan saksikan hingga saat ini. Manusia yang berhasil melahirkan berbagai keajaiban hanya sebagian kecil saja. Mereka dapat kita sebutkan satu persatu. mulai dari para nabi dan Nabi kita Muhammad SAW, kemudian para sahabatnya, hingga para tokoh dunia yang berhasil mengubah dunia dengan berbagai penemuannya.

Mereka yang telah melahirkan berbagai kejaiban di dunia ini, walau sudah meninggal namun dia tetap hidup memalui karya-karyanya yang telah merubah dunia. Mereka dapat kita kenang sebagai tokoh-tokoh penemu, juga mereka sebagiannya mampu menaklukan alam semesta untuk kesejahteraan sehingga bisa meraih kehidupan yang sangat makmur dan berbagi untuk dunia.

Menbaca sejarah dan biografi mereka yang berhasil baik di tingkat dunia maupun nasional, tiada lain merupakan keajaiban hasil karya pemikirannya. Semua bermula dari pemikiran orang-orang tersebut. Kehebatannya bermula dari pemikirannya yang kita miliki juga. Pemikiran besar tersebut keluar dari otak yang ada di kepala, seperti yang kita bawa-bawa setiap saat. Bedanya dengan mereka, otak tersebut digunakan untuk memikirkan hal-hal untuk merubah hidupnya.

Kita bisa naik kereta atas jasa penemu mesin upa James Whatt, kita bisa komunikasi via telepon atas jasa Alexander Graham Bell dan Antonio Meucci, hidup kita lebih terang karena adanya lampu listrik atas jasa Thomas Alva Edison. Adanya pesawat terbang atas jasa Wright bersaudara.Tempat hiburan Disney dimulai dari buah pikiran Walt Disney yang banyak dikunjungi jutaan orang. Kita mengetahui Bill Gates termasuk orang terkaya dunia hartanya sekitar 486 Triliun. Anak muda pembuat facebook yang terkenal di senatero dunia dari anak-anak hingga orang tua masuk dalam jajaran 400 orang terkaya di Amerika. Dan banyak lagi karya-karya manusia yang bermula dari pikiran, seprti penemuan mobil, motor, kereta api, alat elektronik, alat kedokteran, alat olah raga, dll.

Syekh Muhammad Mutawalli dalam salah satu bukunya mengatakan ” Akal itu kelebihan yang hanya diberikan Allah kepada manusia. Dengan akal manusia bisa menyibak semua rahasia alam semesta. Akal itulah yang mendiktenya untuk mensejahterakan dunia dan kemajuan peradaban.

Confucius mengatakan : “Sebelum melihat kenyataan, Anda harus melihat keinginan dalam akal Anda”.

Kembali kepada kita, pertanyaannya apakah kita sudah memanfaatkan kelebihan yang diberikan Allah SWT? Silahkan jawab masing-masing disesuaikan dengan kondisi pencapaian dalam kehidupan hingga saat ini.

Penjelasan di atas mengungkap, bahwa kita semua memiliki potensi untuk hidup lebih baik, untuk menghasilkan berbagai keajaiaban dalam kehidupan ini, bahkan bisa tak terbatas. Karena proses pikiran kita sebenarnya tidak terbatas selama kita masih hidup dan hidup normal. Pikiran bisa bekerja sepanjang waktu baik disaat kita bekerja atau istirahat, bahkan saat kita menjelang tidurpun masih bisa bekerja, tergantung kita sebagai manusia yang mengoperasikannya.

Kembali kepada ayat Allah dalam Al-Qur’an di atas, bahwa alam semesta ini telah ditundukan dan diperuntukan untuk manusia. Bahwa janji Allah juga, siapapun yang berdo’a dan memohon kepada NYA maka akan dikabulkan, inipun merupakan menifestasi dari penundukan alam semesta untuk manusia. Semoga kita segera bangun dan menyadari kondisi ini, agar kita bisa melangkah lebih cepat ke depan untuk meraih kehidupan yang lebih baik, untuk kebahagian keluarga, saudara, dan orang-orang yang kita cintai, serta untuk kebahagian dunia dan akhirat.

Ingat, keajaiban dalam hidup Anda tergantung pada pemanfaatan pikiran Anda. Pikiran bisa menarik sumber-sember alam semesta dan menciptakan

sesuatu di alam nyata atas izin dan ridho -NYA melalui do’a -do’a kita yang sungguh-sungguh, dirasakan, serta dimaknai untuk hidup lebih baik di masa mendatang dan di akhirat kelak.

Pertanyaan lainnya adalah, mengapa pikiran kita belum bisa menghadirkan berbagai keajaiban dalam hidup, sementara kita sudah hidup 30 tahun, 40 tahun, bahkan lebih dari 50 tahun. Mengapa kondisi kehidupan sebagian besar diantara kita masih berkekurangan? Atau stagnan. Jawabannya adalah, pikiran kita selama ini telah dikotori oleh hal-hal yang negatif dan infomasi yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Setiap hari manusia menerima lebih dari 600.000 pikiran, dan sekitar 80% nya adalah negatif. Dan itu terjadi selama kita hidup hingga saat ini. Itulah penyebab pikiran kita tidak maju dan berkembang, akibatnya tingkat kehidupan kita serba kekurangan, usaha tidak maju, serba terhambat. Apakah ada obatnya atau caranya untuk keluar dari kondisi ini? Jawabannya ada. Anda harus siap untuk memprogram ulang otak anda, menghapus memori pikiran-pikiran negatif, menata ulang cara berfikir yang akan mengubah mindset Anda lebih maju, dan pada proses merealisasikan apa-apa harapan Anda yang ada dalam pikiran.

Semoga bermanfaat, mari kita ciptakan berbagai keajaiaban dalam hidup kita secara tak terbatas.

J. Triharja

Comments

Popular posts from this blog

Air Kendi Lebih Menyehatkan - Air Oksigen Alami

Sekitar 1 bulan lalu, my wilfe tiba2 usulin untuk minum dari air kendi.  Istriku memang sering memberikan inspirasi2 untuk hidup sehat, perhatian penuh atas pendidikan anak2, dll. Nah kali ini ingin disediakan kendi untuk menum sehari-hari di rumah. Dia bercerita saat sekolah SMA dulu di Cimahi Bandung (kotanya Sule), sepulang sekolah jika kecapaian, panas, lelah, dan pusing, sudah biasa suka mampir ke rumah tetangganya (dibelakang rumahnya) , mengetuk pintu dapur seorang nenek yg sdh tua (meninggal diusia 90 thn an) , yg sdh biasa menyediakan air minum dalam kendi. Istri saya langsung sj (karena sdh biasa) ambil gelas dan menuangkan air minum dari kendi.. rasanya dingin segar (bukan dingin kayak air kulkas), dan rebahan sebentar, badan beberapa menit jadi segar, pusing2 hilang... Begitu ceritanya... Air kendi itu katanya diminum setelah disimpan minimal 1 malam. Saya juga teriangat saat dulu waktu masih kecil, di kampung di Sumedang, ada rumah yg menyediakan air minum di k

Apakah Prabowo akan Membalas Jokowi Pada Debat 15 Juni? #bioritmik

Ok... skarang kita akan melihat posisi bioritmik kedua capres yang akan berdebat pada tanggal 15 Juni 2014. Kita lihat grafik bioritmik Prabowo terlebih dahulu, yaitu rata2 berada di posisi positif 29% dengan rincian emosional 63%, fisik 52%, dan intelektual -28%. Posisi intelektual menjadi perhatian capres Prabowo, karena grafik nya sedang menurun dibandingkat saat debat tgl 9 Juni lalu. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena Prabowo musti menyeiapkan diri terutama untuk membumbui jika ada pertanyaan yang diminta lebih detail dan teknis. Persiapan pengayaan materi sangat baik disiapkan dalam beberap hari seblum debat, karena pada 5 hari sebelumnya posisi intektual berada pada posisi kurva positif, namun sedang siklus menurun hingga negatif pada saat debat. Hal ini diperlukan untuk mengimbangi Jokowi yang jago jika bicara hal2 teknis, praktis ,d an detai. Termasuk menyiapkan pengetahuan terkait UU dan peraturan terkait tema debat yaitu bidang ekonimi dan sosial. Posisi e

Usia diatas 45thn? Obat herbal untuk Jantung, Liver, Stroke

Pada usia diatas 45 thn ini memang ibarat onderdil mobil sebagian sdh ada yg rusak2, karatan, longgar2, dll. Dlm tubuh kitapun bisa dibayangkan, 45 thn fisik kita gunakan untuk beraktifitas dari yg ringan hingga yg berat2, begitu juga alat pencernaan digunakan untuk menggiling makanan berpuluh2 tahun. Bisa kita bayangkan, betapa akan kotor, dan tumbuh seprti lumut2, mungkin berupa lemak yg nempel di usus, nempel di pembuluh darah, di lapisan kulit, dll. Belum lagi makanan, minuman, atau menghisap yg mengandung racun2 dan semua masuk ke dlm tubuh kita. Mobil sj buatan manusia, sejak kita beli ada aturan untuk diservice setiap 5000 meter, atau per 3 bulan. Dan mobil kita dlm 5 thn sj sdh berkurang kemampuannya. Bedanya dg tubuh kita yg disiptakan Allah SWT, dimana diperlengkapi dg berbagai kemampuan untuk menetralisir racun, melawan berbagai penyakit yg masuk virus, bakteri, dll, melalui sistem kekebalan tubuh yg luar biasa. Buktinya hingga umur kita 45 thn ini msh fit oleh kita semua