Skip to main content

MENCIPTAKAN MOMENTUM POSITIF

Kita sering mendengar ungkapan orang-orang sbb : " Lebih baik kita tunggu peluang dan kesempatan yang baik", atau ada juga yang mengatakan, " Mari kita tunggu momentum yang tepat".
Saya ingin katakan, ungkapan itu tidak salah, namun jika kita ingin meraih sukses dengan tujuan dan rencana yang telah disiapkan, tidak mungkin untuk meraih sesuatu hanya dengan menunggu ... menunggu ... dan menunggu. Untuk meraih apa yang diinginkan tidak mungkian hanya dengan menunggu. Sukses itu dapat diraih dengan semangat, selalu berfikir, merencakan, dan bergerak ke depan, "menjemput bola". Oleh karena itu pada kesempata ini saya ingin mengajak mari kita membiasakan untuk belajar MENCIPTAKAN PELUANG, MENCIPTAKAN KESEMPATAN BAIK, dan MENCIPTAKAN MOMENTUM.

Saya ingin mengingatkan tantang KUIS minggu lalu : " Kapan waktu yang paling baik untuk Anda?" jawabannya adalah SAAT INI. Jika kita lupa atau selalu mewatkan waktu saat ini dengan hal-hal yang bermanfaat, maka waktu kita selalu dengan cepat berlalu dan meninggalkan kita setiap saat. Kita semua faham, bahwa waktu yang lalu tidak mungkin dapat kita ulangi lagi apalagi mengubah apa yang kita lakukan masa lalu. Sedangkan waku akan datang, masih penuh dengan MISTERI. Nah, kaitan dengan materi malam ini, maka kita akan belajar bagaimana agar masa depan dapat kita prediksi dan dapat meraih apa-apa yang kita rencanakan dapat tercapai sesuai waktu dan GOAL/Target yang kita rencanakan. Kapan kita bisa memprediksi dan mempersiapkan segala sesuatunya agar dapat meraih sukses sesuai target? Ya ... jawabannya SAAT INI, waktu saat ini yang harus kita manfaaatkan untuk merajut berbagai potensi baik dari dalam diri maupun dari luar diri agar PELUANG DAN KESEMPATAN tepat hadir disaat ANDA siap. Baiklah, sebelum kita membahas bagaimana cara kita menciptakan MOMENTUM yang POSITIF untuk kita sendiri, mari kita bahas dulu tantang WAKTU karena sangat menentukan dalam penciptaan MOMENTUM.

Saya membagi fase waktu dalam 3 kategori secara umum :

1. Waktu masa lalu, adalah waktu yang sudah berlalu dan kit atidak bisa untuk mengulangi kembali berbagai kegiataan masa lalu, dan kitapun tidak bisa mengeluh akan masa lalu. Masa lalu tidak bisa diubah, tapi yang bisa kita ubah dari masa lalu adalah cara pandang kita atas berbagai peristiwa yang terjadi untuk dijadikan pelajaran dimasa mendatang. Dari pelajaran masa lalu kita bisa belajar tentang bagimana agar tidak mengulangi kegagalan, agar tidak terkalahkan oleh pesaing, agar tidak salah dalam memilih bisnis, dll. Hal penting lainnya dari masa lalu adalah kita jangan tertahan oleh peristiwa masa lalu yang membuat diri menjadi TAKUT bahkan TRAUMA. Ingat masa lalu hanya kita ingat tidak lebih 3 kali hanya untuk diambil pelajarannya. Setelah dipetik pelajarannya, maka LUPAKAN SAJA atau HILANGKAN saja dalam memori Anda. Pada episode yang lalu saya pernah memberikan cara menghapus peristiwa atau hal-hal NEGATIF yang pernah dialami.

2. Waktu masa mendatang atau masa depan, adalah waktu yang belum kita lalui, dan kit atidak pernah bisa menerawang atau memastikan apa yang akan terjadi, alias MASA DEPAN adalah masa yang penuh misteri. Atas masa depan itu, kita hanya bisa berdo'a, berharap, merencanakan sesuatu target. Kita tidak bisa memastikan akan meraih sesuatu. Namun kita bisa melakukan pendekatan-pendekatan agar di masa depan kita bisa meraih apa yang diinginkan dan menjadi orang yang sukses. Pertanyaannya adalah apa yang harus dilakukan agar dapat meraih apa yang diinginkan? Langkah apa yang harus dilakukan agar impian, cita-cita, harapan bisa diraih sesuai target yang direncanakan atau setidaknya mendekati yang ditargetkan?
Jawabannya adalah anda harus memanfatkan waktu yang ke-3 yaitu SAAT INI.

3. Waktu SAAT INI. Waktu yang benar-benar kita miliki adalah hanya SAAT INI. Inillah penegasan saya, terkait dengan KUIS minggu lalu. Coba Anda bayangkan, jika setiap saat Anda hanya duduk di kursi di depan TV setiap hari, lalu makan minum, lalu tidur, bangun lagi, dan duduk lagi di kursi. MAKA yang pasti anda tidak akan dapat mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, bahkan sebaliknya yang aakan anda peroleh mungkin penyakit ambeyen, sakit kepala, dan hal-hal negatif lainnya.
Lama waktu atau durasi SAAT INI bervariasi untuk setiap orang.Bisa jadi saat ini adalah DETIK ini, atau dalam 1 menit, atau 1 jam, atau 1 hari. Semakin pendek anda bisa memanfaatkan durasi SAAT Ini maka semakin banyak hal-hal yang bisa anda lakukan dan hasilkan. Bagi pelari yang mengikuti lomba lari cepat 100 meter, SAAT INI berarti DETIK. Kalah start 1 detik, atau tertinggal 1 detik, dia akan kalah. Satu DETIK menjadi penentu. Nah silahkan masing-masing menentukan durasi waktu terpenting bagi Anda semua. Intinya jangan sampai membuang-buang waktu percuma. Durasi waktu SAAT INI dapat ditentukan melalui berapa lama PIKIRAN kita FOKUS, emosi, mental, dan kegiatan fisik berpadu dalam PIKIRAN FOKUS tadi. Ketika Anda menyiapkan suatu proyek atau gagasan mungkin anda membutuhkan waktu 5-10 jam, bahkan mungkin 1 hari. Yang terpenting dari waktu SAAT INI adalah detik-detik ketika Anda memutuskan sesuatu untuk memulai perubahan dalam perbaikan hidup.


Bapak/Ibu sekalin, baiklah setelah saya mengulas atau mengingatkan tentang waktu SAAT INI, saya akan menjelaska terkait dengan MOMENTUM POSITIF. Berikut ungkapan saya tentang MOMENTUM.

"... momentum jangan ditunggu, tapi harus disiapkan dan diciptakan. Karena momentum yg ditunggu berarti itu dibuat oleh orang lain dan pasti diburu oleh orang lain..."

Momentum adalah saat-saat yang tepat untuk mangabil keputusan dimana bersatunya dalam waktu yang bersamaan antara datangnya peluang dan kesiapan diri, sehingga menghasilkan kekuatan untuk bergerak atau bertindak tepat dan cepat. Ibarat anda akan lompat tinggi atau lompat jauh, jika saat anda menginjak dan tepat di papan tolak dengan energi yg berpusat pada kaki anda, maka anda bisa melompat dengan sangat jauh atau paling tinggi.

Kita akan menghindari momentum NEGATIF, dan menciptakan MOMENTUM POSITIF.
Berikut langkah-langkah untuk menciptakan momentum positif yang saya rrangkung dari berbagai bahan dan hasil perenungan sendiri.

1. Luangkan waktu untuk memperjelas hasil masa depan yang Anda inginkan. Sukses adalah melihat apa yang Anda inginkan dan bergerak menuju apa yang Anda lihat. Apa yang penting bagi Anda? Akan menjadi Apa Anda nanti? Bagaimana niat Anda berkontribusi kepada orang lain? Langkah ini sangat penting, karena merupakan awal dan dasar untuk bertindak/berfikir selanjutnya. Tentukan tujuan Anda dimasa mendatang. Cobalah untuk membuat tujuan 1 tahun akan datang. Tujuan harus jelas besaran target dan waktunya. Misalkan, pada Des 2011 saya ingin memiliki toko kue dengan pendapatan 1 juta/hari, dll.
2. Gunakan otak kanan untuk memvisualisasikan dari tujuan Anda. Dapatkan beberapa majalah dan memotong gambar dan kata-kata yang terkait dengan tujuan Anda. Menempatkannya di mana Anda akan melihat secara teratur, seperti pada cermin kamar mandi Anda, di dompet Anda, di samping layar komputer Anda, atau di papan poster, di dinding kamar tidur Anda yang akan dilihat saat menjelang tidur.
3. Tetapkan tujuan yang jelas dengan jadwal waktu yang jelas. Tuliskan apa tujuan adalah, bagaimana Anda akan tahu ketika Anda telah mencapai hal itu, dan tanggal ketika Anda akan mencapai itu.
4. Jadilah berorientasi aksi. Ketika kesempatan dan banyak respon yang mendukung rencana Anda, segeralah untuk ambil keputusan dan mengambilnya.
5. Tanyakan kepada diri sendiri, "Berapa banyak dan apa yang menyenangkan yang akan saya miliki dengan proyek ini?" Ini akan membantu meningkatkan energi Anda. Jangan menumbuhkan energi penghambat, seperti rasa takut dan sejenisnya.
6. Isi pikiran Anda dengan inspirasi. Baca buku, mendengarkan program audio, dan menonton video yang mendidik, mengangkat dan menginspirasi Anda. Buka menghadiri seminar dan konvensi yang terkait dengan tujuan Anda. Baca dan belajar tentang orang-orang yang telah melakukan apa yang ingin Anda lakukan.
7. Ambil Risiko minimal sehari, sehingga Anda bisa keluar dari zona kenyamanan. Dengan membiasakan mengambil risiko sehari anda akan memperkuat keberanian Anda saat Anda mengambil tindakan-tindakan penting yang dapat menimbulkan peluang terbesar Anda. Ini adalah latihan keluar dari zona nyaman dan latihan mengambil resiko.
8. Buat tim pendukung. Tanyakan beberapa teman-teman Anda untuk membentuk sebuah kelompok untuk saling mendukung pada tujuan Anda. Menyewa seorang pelatih pribadi atau pelatih bisnis. Temukan seorang mentor. Menyewa perencana keuangan, seorang akuntan, seorang pelatih kebugaran, konselor - siapa pun yang Anda pikir akan menambahkan masukan, dukungan, saran, masukan, dan / atau akuntabilitas untuk membantu Anda menjaga perhatian Anda pada niat Anda.
9. Secara konsisten meninjau tiga tujuan utama Anda. Tuliskan tiga niat teratas dan membacanya setiap hari jadi mereka segar dalam pikiran Anda, bisa juag ceritakan kepada teman atau tim Anda. Hal ini akan menambah bahan bakar untuk api Anda dan akan membantu memfokuskan perhatian Anda setiap hari . Ini juga akan membantu Anda mengenali kesempatan yang mungkin bisa membantu Anda bergerak ke arah hasil masa depan yang Anda inginkan.
10. Bantulah orang lain. Dengan membantu orang lain, maka Anda akan mendapatkan respon positif dari orang lain/lingkungan. Bahan bakar yang bisa datang dari orang lain dapat menginspirasi Anda untuk mengambil tindakan dan tetap fokus pada tujuan Anda. Bila Anda melihat tujuan Anda sebagai penyebab dan Anda menemukan semangat dan keluhuran dalam tindakan Anda, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk mendapatkan momentum - dan menjaga itu terjadi - saat Anda bergerak maju ke arah tujuan Anda.
Bila Anda mengambil tindakan dan tetap fokus pada apa yang sebenarnya penting, Anda menciptakan momentum ... dan momentum dapat menciptakan momentum-momentum lainnya sehingga anda dapat meloncat dengan energi yang optimal dan menghasilkan yang optimal juga. Hasil yang optimal adalah tercapainya target dalam waktu yang telah direncanakan.

Untuk bertindak disaat momentum yang tepat, Anda harus sudah pada posisi BENAR-BENAR siap. Siap mental, siap emosi, siap fisik secara POSITIF, maka momentum POSITIF telah berhasil Anda ciptakan.

Terakhir saya ingin mengingatkan :

... waktu yg paling baik untuk berubah adalah SAAT INI, bukan menunggu esok, bulan depan, atau tahun depan ...
... hidup ini penuh dengan kompetisi disegala bidang dan segala level ... maka jika ingin jadi juara di level dan bidang apapun siapkan diri untuk ikut berkompetisi tsb... jangan jadi penonton, karena penonton murni tidak akan pernah jadi juara.

Salam SUKSES. Jadilah Pemenang. Be a winner !

JAJA TRIHARJA

------- PROMOSI PELATIHAN MOTIVASI & BISNIS -------
Radio Sipatahuan bersama motivator Bpk. J. TRIHARJA, KEMBALI menghadirkan Pelatihan Motivasi dan Bisnis Spektakuler di Kota Bogor secara GRATIS dengan TEMA : BISNIS AMAN & MENGUNTUNGKAN. Selama sekitar 3 Jam akan dikupas teknik cepat untuk memulai usaha yang aman dan menguntungkan, serta melipatgandakan pendapatan usaha saat ini. Bahkan dapat mendirikan usaha TANPA MODAL. Mari kita bangun Bogor Bussines Community (BBC).

__________________________
Daftarkan diri Anda dan teman atau saudara pada Pelatihan Motivasi , yg akan diadakan pd hari SABTU, 26 Maret 2011.
Syarat mendaftar harus berkelompok 5-9 orang dalam BBC (Bogor Bisnis Comuniti).
Segera ambil handphone Anda saat ini juga, kirim sms ketik BBC(spasi)Nama dan nama-nama kelompok Anda dipisahkan dengan koma. Lalu kirim ke 085 717 595 525. Sekali lagi Segera ambil handphone Anda saat ini juga, kirim sms ketik BBC(spasi)Nama dan nama-nama kelompok Anda dipisahkan dengan koma. Lalu kirim ke 085 717 595 525. Tempat terbatas hanya untuk 100 orang peserta.
________________________
Dan simak acara Motivasi dan Bisnis di Radio Sipatahunan 89,4 FM setiap hari senin malam jam 8 sampai jam 10, bersama Motivator Rakyat Bpk. J. TRIHARJA

Comments

Popular posts from this blog

Air Kendi Lebih Menyehatkan - Air Oksigen Alami

Sekitar 1 bulan lalu, my wilfe tiba2 usulin untuk minum dari air kendi.  Istriku memang sering memberikan inspirasi2 untuk hidup sehat, perhatian penuh atas pendidikan anak2, dll. Nah kali ini ingin disediakan kendi untuk menum sehari-hari di rumah. Dia bercerita saat sekolah SMA dulu di Cimahi Bandung (kotanya Sule), sepulang sekolah jika kecapaian, panas, lelah, dan pusing, sudah biasa suka mampir ke rumah tetangganya (dibelakang rumahnya) , mengetuk pintu dapur seorang nenek yg sdh tua (meninggal diusia 90 thn an) , yg sdh biasa menyediakan air minum dalam kendi. Istri saya langsung sj (karena sdh biasa) ambil gelas dan menuangkan air minum dari kendi.. rasanya dingin segar (bukan dingin kayak air kulkas), dan rebahan sebentar, badan beberapa menit jadi segar, pusing2 hilang... Begitu ceritanya... Air kendi itu katanya diminum setelah disimpan minimal 1 malam. Saya juga teriangat saat dulu waktu masih kecil, di kampung di Sumedang, ada rumah yg menyediakan air minum di k

Apakah Prabowo akan Membalas Jokowi Pada Debat 15 Juni? #bioritmik

Ok... skarang kita akan melihat posisi bioritmik kedua capres yang akan berdebat pada tanggal 15 Juni 2014. Kita lihat grafik bioritmik Prabowo terlebih dahulu, yaitu rata2 berada di posisi positif 29% dengan rincian emosional 63%, fisik 52%, dan intelektual -28%. Posisi intelektual menjadi perhatian capres Prabowo, karena grafik nya sedang menurun dibandingkat saat debat tgl 9 Juni lalu. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena Prabowo musti menyeiapkan diri terutama untuk membumbui jika ada pertanyaan yang diminta lebih detail dan teknis. Persiapan pengayaan materi sangat baik disiapkan dalam beberap hari seblum debat, karena pada 5 hari sebelumnya posisi intektual berada pada posisi kurva positif, namun sedang siklus menurun hingga negatif pada saat debat. Hal ini diperlukan untuk mengimbangi Jokowi yang jago jika bicara hal2 teknis, praktis ,d an detai. Termasuk menyiapkan pengetahuan terkait UU dan peraturan terkait tema debat yaitu bidang ekonimi dan sosial. Posisi e

Usia diatas 45thn? Obat herbal untuk Jantung, Liver, Stroke

Pada usia diatas 45 thn ini memang ibarat onderdil mobil sebagian sdh ada yg rusak2, karatan, longgar2, dll. Dlm tubuh kitapun bisa dibayangkan, 45 thn fisik kita gunakan untuk beraktifitas dari yg ringan hingga yg berat2, begitu juga alat pencernaan digunakan untuk menggiling makanan berpuluh2 tahun. Bisa kita bayangkan, betapa akan kotor, dan tumbuh seprti lumut2, mungkin berupa lemak yg nempel di usus, nempel di pembuluh darah, di lapisan kulit, dll. Belum lagi makanan, minuman, atau menghisap yg mengandung racun2 dan semua masuk ke dlm tubuh kita. Mobil sj buatan manusia, sejak kita beli ada aturan untuk diservice setiap 5000 meter, atau per 3 bulan. Dan mobil kita dlm 5 thn sj sdh berkurang kemampuannya. Bedanya dg tubuh kita yg disiptakan Allah SWT, dimana diperlengkapi dg berbagai kemampuan untuk menetralisir racun, melawan berbagai penyakit yg masuk virus, bakteri, dll, melalui sistem kekebalan tubuh yg luar biasa. Buktinya hingga umur kita 45 thn ini msh fit oleh kita semua