Skip to main content

Benarkah Jokowi Nyapres Terlalu Cepat?

halo teman2... judul tulisan nsy ini, iseng2 aj... terdorong rasa penasaran, kok Jokowi itu termasuk walikota yg fenomenal. Saya tdk sebut sbg gubernur DKI fenomenal krn Jokowi baru menjabat mau 1,5 thn, bahkan di 6 bln terkahir bahkan kerjanya diganggu dg ribut2 pencapresan dirinya. jadi sy blm bisa melihat scara jelas yg membuat fenomenal Jokowi ini sng gubernur. Prestasi di DKI msih bisa diperdebatkan oleh kedua pihak.

sy baca beberap tulisan di media terkait gubernur yg jadi presiden di Amerika. menurut sy Indonesia tdk bisa disamakan dg Amerika. Dari sisi mana pun. Gak usah sy bahas, teman2 pasti sdh pada tahu...

Kita ambil sj Bill Clinton sbelum jadi Presiden Amerika thn 1993-2001 ( 2 periode), sebelumnya pernah jadi gubernur Arkansas cukup lama yaitu tahun 1979 -1981 dan dari thn 1983 sampe 1992.
Makanya untuk timses dan kubu Jokowi janganlah mendasarkan, Jokowi nypres karena sdh pantas dan banyak pengalaman, seprti gubenur2 Amerika yg jadi Presiden. Di Amerika itu negara sdh maju, ekonomi sdh majum demokrasi sdh lbh lama, dan yg jadi presiden itu benar2 yg sdh menjabat gubernur cukup lama.
Beda dengan negar akita yg msh berkembang, pendidikan rakyatnya msh sebagian besar dibawah, tingkat ekonomi blm bagus. Makanya rakyat Indonesia seringkali kurang bisa berfikir rasional apalagi berfikir analisis.

So... bgmn dg Jokowi? sy sendiri mengkhawatirkan... jika Jokowi yg baru saja 1,5 thn menjabat Gub DKI Jakarta, lalu gara2 sangat populer di media, lalu dicalonkan jadi Presiden RI pada Pemilu 2014 ini. Padahal jika dilihat dari umur Jokowi msh muda baru sekitar 53 tahun. Jika Jokowi dan PDIP bersabar, menunggu Jokowi hingga Jokowi sukses 5 thn atau bahkan 10 thn, itu pasti Jokowi bisa lebih matang dan siap.

sy kadang teringat ucapan JK saat bicara di BItv itu yg banyak tersebar saat ini, dimana pak. JK yg skrg jadi cawapresnya Jokowi, mengatakan Jokowi msih terlalu dini lah kira2 sperti itu. Kalo pak. JK bicara pakai gaya Makasar yg suka terus terang ... Kata2 yg diucapkannya publik sdh tahu lah... gak usah sy ulang.. gak bagus.

ini sbenarnya tulisan sbg masukan untuk kubu Jokowi...
Okey, asumsikan Jokowi menng pada Pemilu 2014 nanti. Saya melihat terlalu cepat naik Jokowi ini. Ibarat kapal yg terlalu cepat naik, maka bisa2 terjadi stall... jatuh, gak seimbang, dan sejenisnya. intinya kesiapan kepemimpinannya bisa diragukan sebagian rakyat..

bisa saya katakan, Jokowi matang terlalu cepat oleh media...mustinya bersabar 5 - 10 thn mendatang .. baru nyapress... atau masuk kabinet dl ...

lalu apa bedanya dg Prabowo? Prabowo tdk pernah jadi walikota, apalagi gubernur... lalu apakah Prabowo juga tidak terlalu cepat?
sy melihat karir, kerja2 nya Prabowo, pengalamannya berbeda dg Jokowi. Bisa jadi jika ditanya pengalaman memimpin rakyat Prabowo juga gak punya pengalaman...

Namun sy blm bisa mengatakan Prabowo lbh baik dari Jokowim atau Jokowi lebh baik dari Prabowo...karena masing2 memliki kelebihan dan kelemahan.

nah, intinya kita lihat sj nanti siapa yg menang, dan kinerja stelah jadi Presiden jk telah terpilih... dan apa yg akan terjadi di masa2 menjelang pemilu 9 juli.

salam persaudaraan.
JT

Comments

Popular posts from this blog

Air Kendi Lebih Menyehatkan - Air Oksigen Alami

Sekitar 1 bulan lalu, my wilfe tiba2 usulin untuk minum dari air kendi.  Istriku memang sering memberikan inspirasi2 untuk hidup sehat, perhatian penuh atas pendidikan anak2, dll. Nah kali ini ingin disediakan kendi untuk menum sehari-hari di rumah. Dia bercerita saat sekolah SMA dulu di Cimahi Bandung (kotanya Sule), sepulang sekolah jika kecapaian, panas, lelah, dan pusing, sudah biasa suka mampir ke rumah tetangganya (dibelakang rumahnya) , mengetuk pintu dapur seorang nenek yg sdh tua (meninggal diusia 90 thn an) , yg sdh biasa menyediakan air minum dalam kendi. Istri saya langsung sj (karena sdh biasa) ambil gelas dan menuangkan air minum dari kendi.. rasanya dingin segar (bukan dingin kayak air kulkas), dan rebahan sebentar, badan beberapa menit jadi segar, pusing2 hilang... Begitu ceritanya... Air kendi itu katanya diminum setelah disimpan minimal 1 malam. Saya juga teriangat saat dulu waktu masih kecil, di kampung di Sumedang, ada rumah yg menyediakan air minum di k

Apakah Prabowo akan Membalas Jokowi Pada Debat 15 Juni? #bioritmik

Ok... skarang kita akan melihat posisi bioritmik kedua capres yang akan berdebat pada tanggal 15 Juni 2014. Kita lihat grafik bioritmik Prabowo terlebih dahulu, yaitu rata2 berada di posisi positif 29% dengan rincian emosional 63%, fisik 52%, dan intelektual -28%. Posisi intelektual menjadi perhatian capres Prabowo, karena grafik nya sedang menurun dibandingkat saat debat tgl 9 Juni lalu. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena Prabowo musti menyeiapkan diri terutama untuk membumbui jika ada pertanyaan yang diminta lebih detail dan teknis. Persiapan pengayaan materi sangat baik disiapkan dalam beberap hari seblum debat, karena pada 5 hari sebelumnya posisi intektual berada pada posisi kurva positif, namun sedang siklus menurun hingga negatif pada saat debat. Hal ini diperlukan untuk mengimbangi Jokowi yang jago jika bicara hal2 teknis, praktis ,d an detai. Termasuk menyiapkan pengetahuan terkait UU dan peraturan terkait tema debat yaitu bidang ekonimi dan sosial. Posisi e

Usia diatas 45thn? Obat herbal untuk Jantung, Liver, Stroke

Pada usia diatas 45 thn ini memang ibarat onderdil mobil sebagian sdh ada yg rusak2, karatan, longgar2, dll. Dlm tubuh kitapun bisa dibayangkan, 45 thn fisik kita gunakan untuk beraktifitas dari yg ringan hingga yg berat2, begitu juga alat pencernaan digunakan untuk menggiling makanan berpuluh2 tahun. Bisa kita bayangkan, betapa akan kotor, dan tumbuh seprti lumut2, mungkin berupa lemak yg nempel di usus, nempel di pembuluh darah, di lapisan kulit, dll. Belum lagi makanan, minuman, atau menghisap yg mengandung racun2 dan semua masuk ke dlm tubuh kita. Mobil sj buatan manusia, sejak kita beli ada aturan untuk diservice setiap 5000 meter, atau per 3 bulan. Dan mobil kita dlm 5 thn sj sdh berkurang kemampuannya. Bedanya dg tubuh kita yg disiptakan Allah SWT, dimana diperlengkapi dg berbagai kemampuan untuk menetralisir racun, melawan berbagai penyakit yg masuk virus, bakteri, dll, melalui sistem kekebalan tubuh yg luar biasa. Buktinya hingga umur kita 45 thn ini msh fit oleh kita semua